Pendaftaran

Kebijakan dan Sistem Rekrutmen:

Sistem rekrutmen dan seleksi calon mahasiswa baru Program Sarjana (S-1) di PS Profesi Ners mengacu pada Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 2 Tahun 2015 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri.. Rekrutmen dan seleksi mahasiswa baru di PS Profesi Ners Fakultas Keperawatan USU juga berdasarkan Keputusan Rektor USU nomor 1023/J05/SK/PP/2005 tentang Peraturan Akademik Program Sarjana (S-1) Universitas Sumatera Utara yang diperbaharui dengan Keputusan Rektor USU nomor 701/UN5.1.R/SK/SPB/2013. Pada BAB I Pasal 4, 5, dan 6 serta BAB II Pasal 2 dari keputusan Rektor tersebut ditegaskan bahwa Program strata satu (S-1) merupakan pendidikan formal jalur akademik yang dalam penerimaan mahasiswanya dilakukan melalui jalur seleksi nasional dan seleksi universitas/mandiri. Saat ini penerimaan mahasiswa baru dilakukan melalui :

1. Pendaftaran Online Seleksi SNMPTN USU 2015-2016

Seleksi SNMPTN USU adalah jalur seleksi nasional yag didasarkan pada hasil penelusuran prestasi akademik dari calon mahasiswa baru dengan menggunakan nilai rapor dan portofoliao akademik lainnya.

2. Pendaftaran Online Seleksi SBMPTN USU

Seleksi SBMPTN USU adalah jalur seleksi nasional yang menyaring calon mahasiswa baru dengan cara melaksanakan ujian tulis. Ujian tulisnya bisa dilakukan di Perguruan Tinggi Negeri terdekat dimasing-masing daerah asal pendaftar.

3. Pendaftaran Online Seleksi SPMB (UMB PT) USU

Seleksi SPMB adalah seleksi yang merupakan perhimpunan dari Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Nusantara dari gabungan beberapa perguruan tinggi. Adapun SPMB di bagi menjadi 3 kelompok ujian yaitu seleksi UMB-PT, UMB-PTS, dan PTBI.Sedangkan untuk USU tergabung dalam kelompok seleksi UMB-PT dalam perhimpunan ini. Seleksi UMB-PT ini menggunakan ujian tulis, untuk cara pendaftaran dan persyaratan yang harus dipenuhi bisa.

4. Pendaftaran Online Beasiswa Bidikmisi USU 2015-2016

Beasiswa Bidikmisi  merupakan program dari pemerintah untuk membantu para mahasiswa yang kesulitan dalam segi ekonomi. Syarat untuk bisa mendapatkan beasiswa ini adalah harus memiliki prestasi dalam bidang akademik serta nantinya mampu mepertahankan nilai IPK di atas 3,00. Beasiswa yang diberikan adalah telah ditanggungnya biaya perkuliahan dan mendapatkan dana dari pemerintah pada setiap awal semesternya. Untuk tata cara pendaftarannya bisa di Cara Mendaftar Beasiswa Bidikmisi USU.

5. Pendaftaran Online Seleksi Mandiri USU

Untuk seleksi yang satu ini merupakan jalur masuk yang diselenggarakan oleh Universitas Sumatera Utara dalam menyaring calon mahasiswa baru selain seleksi nasional di atas. Ada 4 jenis seleksi yang terdapat dalam seleksi mandiri ini yaitu :

  • Seleksi Program Diploma USU (diperuntukkan untuk calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke program Diploma. Untuk pendaftarannya bisa Anda simak di laman spmb.usu.ac.id)
  • Seleksi Program Ekstensi USU (diperuntukkan untuk lulusan mahasiswa program D3 yang ingin melanjutkan ke program D4/Setara S1. Untuk informasi lebih lanjut bisa Anda simak di laman http://usu.ac.id/id/article/13/program-ekstensi)
  • Pendaftaran Mahasiswa Internasional USU (diperuntukkan bagi mahasiswa baru yang berasal dari luar negeri. Informasi lebih lanjut silahkan disimak di laman http://isa.usu.ac.id)
  • Pendafatran Program Pascasarjana USU (diperuntukkan bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke Program S2 atau S3. Untuk seleksi ini terdapat dua jalur yaitu Jalur Mandiri dan Jalur Kemenpora. Informasi lebih lanjut silahkan simak di laman http://www.sps.usu.ac.id/pendaftaran)

Kriteria dan Persyaratan Calon Mahasiswa Baru:

Persyaratan umum calon mahasiswa baru di PS Profesi Ners diatur oleh universitas. Berdasarkan keputusan Rektor USU nomor 701/UN5.1.R/SK/SPB/2013 tentang Peraturan Akademik Program Sarjana (S-1) Universitas Sumatera Utara yang tertuang dalam BAB II, Pasal 3 tentang Persyaratan Calon Mahasiswa, seseorang dapat diterima sebagai mahasiswa baru pada program S-1 Keperawatan apabila memiliki prestasi akademik terbaik, lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) atau yang sederajat (lulusan 3 tahun terakhir), berusia paling tinggi 23 tahun, dan memenuhi persyaratan lain yang ditetapkan oleh universitas.

Penerimaan mahasiswa baru melalui jalur seleksi nasional (SNMPTN) ditetapkan secara nasional yang dapat diakses pada laman www.snmptn.or.id. Kriteria dan persyaratan calon mahasiswa baru sebagai berikut:

  1. Sekolah yang siswanya akan mengikuti SNMPTN harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi siswa di PDSS;
  2. Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS;
  3. Siswa yang bersangkutan akan lulus dari satuan pendidikan yang diikutinya; dan
  4. Memiliki nilai rapor semester 1 sampai semester 5 (bagi siswa SMA/MA, SMK/MAK Tiga Tahun) atau nilai rapor semester 1 sampai semester 7 (bagi SMK/MAK Empat Tahun) yang telah diisikan pada PDSS.

Sedangkan kriteria dan persyaratan calon mahasiswa yang seleksi melalui jalur SBMPTN adalah sebagai berikut:

  1. Bagi siswa lulusan dua tahun sebelumnya harus sudah memiliki ijazah.
  2. Bagi siswa lulusan tahun dimana SBMPTN dilaksanakan telah memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah.
  3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.

Prosedur Seleksi:

Seleksi ujian masuk calon mahasiswa baru pada PS Profesi Ners dilakukan melalui beberapa mekanisme yaitu:

  1. Pendaftaran PDSS SNMPTN Online terkait Cara Mendaftar Pangkalan Data Sekolah dan Siswa untuk syarat mendaftar SNMPTN  yang dilakukan oleh Kepala Sekolah serta operator Sekolah, Cara Pendaftaran PDSSuntuk SNMPTN dilakukan secara  melalui website resminya PDSS SNMPTN. Pendaftaran Pangkalan Data Sekolah dan Siswa dilakukan untuk mendaftarkan siswa/siswi ke SNMPTN agar dapat melanjutkan Pendaftaran SNMPTN yang dilakukan oleh siswa/siswi dengan melakukan login di website SNMPTN. Pihak sekolah sebelumnya telah mengentri data Nilai Rapor siswa/siswi selama di SMA/SMK Sederajat. Mengevaluasi dari sistem yang telah berjalan untuk menyaring putra/putri terbaik bangsa ini, maka dari itu sistem seleksi SNMPTN yang tadinya menggunakan sistem ujian tulis kemudian dirubah menjadi seleksi jalur undangan. Seleksi jalur undangan ini menggunakan sistem seleksi nilai rapor siswa/siswi yang di daftarkan oleh pihak sekolahan ke panitia SNMPTN. Setelah panitia mengumungkan hasil seleksi siswa/siswi yang lolos seleksi SNMPTN kepada pihak sekolah barulah siswa/siswi bisa melukan Pendaftaran SNMPTN yang dilakukan secara online. siswa/siswi tidak dapat mendaftar SNMPTN sendiri tanpa bantuan sekolah karena nilai rapor dari seluruh siswa/siswi di sekolah hanya bisa, didaftarkan oleh pihak sekolah sendiri. Siswa/siswi hanya bisa malnajutkan Pendaftaran SNMPTN ketika sudah dinyatakan lolos seleksi penilaian rapor dan mendapatkan akun dari panitia SNMPTN melalui pihak sekolah. Pendaftaran nilai rapor yang dilakukan oleh pihak sekolah sendiri dilakukan dengan mengunjungi situs resmi PDSS SNMPTN yaitu di laman . 

Pendaftaran PDSS SNMPTN

  1. Pendartaran Sekolah di PDSS
  2. Periode Pengisian dan Perbaikan Data Nilai Rapor
  3. Periode Verifikasi Nilai Rapor Oleh Sekolah 
  4. Periode Verifikasi Nilai Rapor Oleh Siswa

Seluruh tahapan di atas dilakukan pada jadwal yang telah ditentukan.

Cara Pengisian dan Verifikasi PDSS

  1. Kepala Sekolah atau pihak yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah menginputkan atau memasukkan data sekolah dan siswa di situs resmi PDSS yaitu dilaman pdss.snmptn.ac.id.
  2. Kepala Sekolah atau pihak yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah mendapatkan akun dan password dari setiap siswa untuk digunakan oleh siswa untuk melakuak verifikasi data rekam jejak pretasi akademik (niai rapor) yang telah diisikan oleh Kepala Sekolah atau pihak yang ditugaskan Kepala Sekolah.
  3. Siswa melakukan verifikasi data rekam jejak prestasi seperti yang dijelaskan pada poin 2 dengan login menggunakan NISN dan password yang telah diberikan.
  4. Apabila siswa tidak melaksanakan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang sudah diinput maka data yang dimasukkan oleh pihak sekolah dianggap benar dan tidak dapat dirubah setelah batas waktu verifikasi berakhir.

Jika semua proses telah dilakukan maka pihak sekolah silakan menuggu hasil pengumuman seleksi rapor dari panitia SNMPTN. Jika ada siswa/siswi yang dinyatakan lolos, maka akun dan password siswa akan diberikan oleh panitia dan dari pihak sekolah berkewajiban memberikan akun dan password yang sudah diterima dari panitia kepada siswa yang dinyatakan lolos untuk kemudian digunakan untuk melakukan Pendaftaran SNMPTN oleh siswa yang langkah-langkah proses pendaftarannya bisa di baca di  Cara Mendaftar SNMPTN Online.

Persyaratan Umum SBMPTN

  1. Telah lulus dalam mengikuti Ujian Nasional tingkat sekolah menengah dengan bukti SKHU (Surat Keterangan Hasil Ujian) dengan disertai pas foto dan legalisasi dari sekolahan.
  2. Kondisi tubuh sehat sehingga tidak mengganggu proses pembelajaran pada program studi yang diikuti.

Cara Mendaftar SBMPTN

  1. Kunjungi website resmi SBMPTN di sbmptn.or.id
  2. Selanjutnya Anda harus memilih PTN dan program studi yang diikuti, untuk program studi yang paling diinginkan diharap untuk menempatkan pada urutan pertama.
  3. Setelah itu Anda akan diminta untuk membayar biaya pendaftaran melalui bank mandiri, ATM bersama atau kantor POS dan simpan struknya.
  4. Setelah itu Anda login lagi dan mengisi KAP untuk mendapatkan PIN. Anda bisa login di laman https://pendaftaran.sbmptn.or.id/daftarkap.php
  5. Langkah selanjutnya mengisi biodata lengkap sesuai data diri Anda.
  6. Setelah semuanya selesai sekarang Anda konfirmasi biodata pendaftaran.
  7. Isi PIN dan KAP yang sudah Anda dapatkan.
  8. Unggah atau upload pas foto Anda sesuai ukuran
  9. Setelah semua proses dilakukan jangan lupa cetak bukti pembayaran melalui situs resmi SBMPTN.
  10. Cetak juga kartu peserta ujian SBMPTN yang nanti digunakan saat mengikuti ujian sesuai waktu yang ditentukan.

 

Cara Melakukan Pendaftaran SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru) 

1. Pendaftaran SPMB UMB-PT

Pendaftaran untuk jalur ini dikhusukan untuk Anda yang ingin memasuki PTN (Perguruan Tinggi Negeri) dengan mengikuti ujian tulis yang dilaksanakan secara serentak oleh PTN yang tergabung dengan P-SPMBN se Indonesia. 

Jadwal Pelaksanaan UMB-PT

  • Pendaftaran Online
  • Pembayaran biaya pendaftaran di Bank BNI
  • Cetak Kartu. Ujian (Jika peserta tidak mencetak kartu ujian selama kurun waktu yang disediakan maka dianggap mengundurkan diri)

 Pelaksanaan ujian

Pengumuman kelulusan.

Untuk Informasi lebih lanjut bisa mengakses situs remisnya di lamanhttp://penerimaan.spmb.or.id/petunjuk/PanduanUMBPT.pdf

Tata Cara Melakukan Pendaftaran Online SPMB untu UMB-PT

  1. Kunjungi lamanhttp://penerimaan.spmb.or.id
  2. Cara Mendaftar Beasiswa Bidik Misi 2015-2016 Secara Online
  1. Klik tombol "Registrasi"
  2. Isi formulir pendaftaran dengan sesuai hingga selesai.
  3. Klik tombol "Simpan"
  4. Cek ulang data yang Anda masukkan dengan mengklik tombol "Lihat Data Peserta"
  5. Pilih salah satu jalur seleksi antara UMB-PT atau UMB-PTS
  6. Klik menu registrasi UMB-PT atau UMB-PTS
  7. Pilih menu pembayaran dan klik tombol "SIMPAN"
  8. Pilih panitia lokal dan kelompok ujian kemudian klik tombol "SIMPAN"
  9. Pilih program studi yang diminati dan klik tombol "SIMPAN"
  10. Klik tombol "Cetak Bukti Daftar" kemudian download filenya
  11. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran di Bank BNI.
  12. Setelah melakukan pendaftaran maka selanjutnya mencetak kartu ujian
  13. login ke lamanhttp://penerimaan.spmb.or.idmenggunakan email dan password yang dimiliki
  14. Klik jalur penerimaan yang Anda pilih sebelumnya
  15. Klik tombol "Cetak Kartu Peserta Ujian" kemudian download filenya
  16. Bawalah kartu tanda peserta ujian saat pelaksanaan ujian tulis yang dilaksanaakan sesuai jadwal

Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi Melalui Jalur SNMPTN mendaftar Beasiswa Bidik Misi bisa melalui jalur masuk SNMPTN. Jika ingin mendaftar kunjungi website resminya di http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id.

  1. Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi Melalui Jalur SBMPTNBagi yang tidak mendapatkan undangan seleksi jalur SNMPTN atau tidak lulus dalam seleksi jalur SNMPTN, bisa mencoba kembali untuk mendaftar Beasiswa Bidik Misi melalui seleksi jalur SBMPTN. Untuk tata cara dan persyaratan Pendaftaran SBMPTN pun sama, seperti melalui jalur SNMPTN juga berhak mendapatkan Beasiswa Bidik Misi ketika dinyatakan lulus seleksi jalur SBMPTN. Jika ingin mendaftar melalui jalur SBMPTN kunjungi saja website resminya dihttp://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id.
  2. Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi Melalui Jalur Masuk Mandiri
    Untuk jalur masuk yang satu ini biasanya hanya beberapa Perguruan Tinggi yang membuka secara resmi untuk calon mahasiswa yang ingin mendapatkan Beasiswa Bidik Misi di USU. Untuk itu peserta bisa cek terlebih dahulu di website resmi dari Perguruan Tinggi USU.


Cara Pendaftaran SNMPTN Oleh Pihak Sekolah

  1. Sekolah mendaftarkan diri sebagai instasi pemberi rekomendasi kepada peserta Beasiswa Bidik Misi di halaman website http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/sekolah/ (silahkan copas linknya)
  2. Setelah membuka halaman website pada alamat di atas, makan akan muncul 2 buah pilihan yaitu untuk sekolah yang sudah terdaftar serta sudah mendapatkan akun dan sekolah yang belum terdaftar sebagai pemberi rekomendasi Beasiswa Bidik Misi kepada siswa. 

    - Untuk sekolah yang sudah terdaftar dan sudah mendapatkan akun Bidik Misi langsung saya login dengan akun yang sudah dimiliki dengan klik pilihan "Sudah Terdaftar"

    - Untuk sekolah yang belum terdaftar sebelumnya, bisa klik pilihan "Belum Terdaftar". Bagi sekolah yang belum pernah mendaftar dan belum mempunyai akun Bidik Misi maka harus melakukan pendaftaran dengan mengisi data sekolah dengan melampirkan hasil scan pindai (scan) identitas dan prestasi sekolah untuk mendapatkan kode akses sekolah.
  • Ditjen Belmawa akan melakukan verifikasi dalam kurun waktu 1 x 24 jam pada hari dan jam kerja.
  • Setelah dilakukan verifikasi, sekolah bisa login dengan menggunakan akun yang terdiri dari NPSN dan Kode Akses Sekolah di halaman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/sekolah/ (silahkan copas linknya) untuk merekomendasikan peserta Bidik Misi dari sekolah yang bersangkutan.
  • Setelah sekolah mendaftarkan peserta Bidik Misi, sekolah akan mendapatkan nomor pendaftaran dan kode akses untuk masing-masing siswa-siswi yang telah direkomendasikan untuk mendapatkan Beasiswa Bidik Misi.
  • Selanjutnya sekolah memberikan nomor pendaftaran dan kode akses kepada siswa yang telah direkomendasikan.
  • Langkah selanjutnya siswa melakukan pendaftaran di halaman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/siswa/ (silahkan copas linknya).

Cara Mendaftar Beasiswa Bidik Misi Oleh Siswa

  1. Login ke halaman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/siswa/ dengan menggunakan nomor pendaftaran dan kode akses yang sudah diberikan oleh pihak sekolah.
  2. Setelah login siswa mengisi biodata diri dengan lengkap dan benar, jangan lupa untuk memeriksa kembali data yang telah dimasukkan dengan teliti.
  3. Setelah mengisi biodata diri maka langkah selanjutnya adalah mencetak kartu tanda peserta Bidik Misi.
  4. Bagi siswa yang sudah menyelesaikan pendaftaran Beasiswa Bidik Misi, langkah selanjutnya adalah melakukan pendaftaran ujian seleksi nasional atau mandiri yang akan diikuti sebagai syarat Bidik Misi. Adapun beberapa ujian yang bisa diikuti di antaranya adalah Bikimisi SNMPTN, Bidikmisi SBMPTN, Bidikmisi PMDK-Politeknik Negeri, Bidikmisi UT/ISI, Bidikmisi jalur mandiri Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta.

Secara detil prosedur seleksi mhs baru adalah sebagai berikut:

  1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)dilaksanakan serentak secara nasional yang diselenggarakan oleh universitas. Proses pendaftaran SNMPTN dilakukan secara online melalui situs http//www.snmptn.ac.id;
  2. Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SMBPTN) diselenggarakan secara serentakperguruan tinggi yang tergabung dalam Perhimpunan SPMB Nusantara. Pelaksanaan seleksi diselenggarakan oleh universitas dan pendaftaran dilakukan secara online masing-masing melalui situs http//www.spmb.or.id;
  3. Setelah dinyatakan lulus seleksi, calon mahasiwa baru harus mengikuti pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh poliklinik universitas;
  4. Calon mahasiswa baru yang lulus seleksi melalui jalur Pemanduan Minat dan Prestasi diharuskan mengikuti matrikulasi selama satu bulan;
  5. Semua calon mahasiswa baru yang lulus seleksi dan pemeriksaan kesehatan melakukan registrasi secara manual pada Biro Akademik USU dan registrasi secara online di Pusat Sistem Informasi USU.

Instrumen:

Seleksi calon mahasiswa baru didasarkan pada beberapa persyaratan dan pertimbangan meliputi: mutu prestasi, reputasi akademik, dan bakat pada jenjang pendidikan menengah atas, ekuitas wilayah, kemampuan ekonomi serta hasil Tes Potensi Bidang Ilmu (TPBI) yang dicapai siswa SMTA yang duduk di kelas 12 (semester 1). Sedangkan bagi calon mahasiswa baru dari jalur SNMPTN dan SMBPTN,Bidik Misi, dan Seleksi Jalur Mandiri, seleksi didasarkan pada nilai yang dicapai dalam ujian masuk oleh peserta ujian dibandingkan terhadap passing grade dan daya tampung program studi.

Sistem Pengambilan Keputusan:

Penetapan calon mahasiswa baru program sarjana (S1) yang diterima di PS Profesi Ners melalui jalur SNMPTN dan SMBPTN dilakukan berdasarkan standar baku yang ditetapkan oleh universitas. Calon mahasiswa dinyatakan diterima sebagai mahasiswa baru jika lulus seleksi melalui jalur SNMPTN, SBMPTN dan jalur mandiri, lulus satuan pendidikan, lulus verifikasi data, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh universitas. Sistem pengambilan Keputusanmelibatkan tim seleksi yang dibentuk oleh rektor dan keputusan akhir dibicarakan di tingkat Universitas.

Dokumentasi

Sistem dokumentasi penerimaan mahasiswa berada di tingkat universitas yang meliputi:

  1. kepanitian penerimaan mahasiswa baru
  2. Efektivitas implementasi sistem rekrutmen dan seleksi calon mahasiswa baru yang bermutu pada Profesi Ners diukur berdasarkan perkembangan jumlah peminat, proporsi pendaftar terhadap daya tampung, dan proporsi mahasiswa baru teregistrasi terhadap mahasiswa yang diterima (lulus seleksi).

Mulai tahun ajaran 2015/2016 Penerimaan mahasiswa baru transfer di hentikan sesuai dengan hasil rapat Dekanat bersama DPF, keputusan rapat disampaikan kepada Rektor